Bolu Kemojo, Cita Rasa Nusantara yang Mendunia

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas salah satu kudapan khas Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara, yaitu Bolu Kemojo. Bolu Kemojo merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, telur, gula, dan margarin, namun memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Asal Usul Bolu Kemojo

Bolu Kemojo memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Konon, kue ini pertama kali dibuat oleh seorang ibu rumah tangga bernama Nyonya Moeridah. Beliau menciptakan resep kue ini pada tahun 1950-an di rumahnya di kawasan Kampung Kemojo, Solo. Kue tersebut kemudian dinamai sesuai dengan nama kampung tempatnya dibuat, yaitu Bolu Kemojo.

Dalam perkembangannya, Bolu Kemojo semakin populer di masyarakat Solo dan sekitarnya. Pada tahun 1980-an, kue ini mulai dikenal hingga keluar kota dan bahkan keluar negeri. Bolu Kemojo menjadi oleh-oleh khas Solo yang paling dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ciri Khas Bolu Kemojo

Bolu Kemojo memiliki ciri khas yang mudah dikenali, yaitu tekstur yang lembut dan empuk serta aroma yang harum. Kue ini juga memiliki rasa manis yang pas dan tidak terlalu menyengat di lidah.

Proses pembuatan Bolu Kemojo juga cukup unik. Adonan kue dikocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan menghasilkan tekstur yang lembut. Kemudian adonan dibubuhi parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam. Parutan kelapa tersebut memberikan aroma harum dan rasa gurih yang khas pada kue.

Variasi Bolu Kemojo

Meskipun Bolu Kemojo memiliki cita rasa yang khas, namun ada beberapa variasi dari kue ini yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Bolu Kemojo Coklat. Dalam pembuatannya, adonan kue diberi tambahan bubuk kakao sehingga menghasilkan warna coklat pada kue dan memberikan cita rasa yang lebih kuat.

Selain itu, ada juga Bolu Kemojo Keju yang menggunakan keju parut sebagai bahan tambahan. Keju memberikan rasa gurih yang unik pada kue dan membuatnya semakin lezat.

Cara Membuat Bolu Kemojo

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Bolu Kemojo:

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 8 butir telur ayam
  • 250 gram gula pasir
  • 200 gram margarin
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan mengental.
  3. Tambahkan campuran tepung sedikit-sedikit sambil terus dikocok dengan mixer hingga rata.
  4. Tambahkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.
  5. Tambahkan kelapa parut dan garam, aduk rata.
  6. Panggang dalam oven suhu 150 derajat Celcius selama 35-40 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Kelezatan Bolu Kemojo yang Mendunia

Bolu Kemojo tidak hanya menjadi oleh-oleh khas Solo yang dicari oleh wisatawan, namun juga sudah dikenal di berbagai negara. Kue ini sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Indonesia dan bahkan sudah dijual di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia.

Kue tradisional ini berhasil meraih penghargaan sebagai “The Best Traditional Cake” pada ajang World Gourmet Summit di Singapura pada tahun 2007. Bolu Kemojo juga sudah terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kesimpulan

Bolu Kemojo merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah mendunia. Cita rasa khasnya yang lezat dan aroma harum parutan kelapa membuat kue ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Ada beberapa variasi dari kue ini yang bisa dicoba, seperti Bolu Kemojo Coklat dan Bolu Kemojo Keju. Meskipun sederhana, namun kue ini memiliki sejarah dan keunikan yang menarik. Tidak heran jika Bolu Kemojo menjadi salah satu kue yang paling dicari saat berkunjung ke Solo dan sudah diakui kelezatannya oleh dunia internasional.