Cara Memasak Jamur Enoki yang Mudah dan Lezat

Hello, Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang cara memasak jamur enoki yang mudah dan enak. Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, jamur enoki juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba memasak jamur enoki, yuk simak artikel berikut ini.

Pilih Jamur Enoki yang Segar dan Berkualitas

Sebelum memasak jamur enoki, pastikan kamu memilih jamur yang segar dan berkualitas. Kamu bisa membeli jamur enoki di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Pilihlah jamur enoki yang berwarna putih, memiliki batang yang lurus, dan tidak terlalu banyak cabang. Hindari memilih jamur enoki yang sudah layu atau terlihat busuk.

Cuci dan Potong Jamur Enoki

Setelah membeli jamur enoki, langkah selanjutnya adalah mencuci dan memotongnya. Cuci jamur enoki dengan air bersih sampai bersih dari kotoran dan debu. Setelah itu, potong bagian akarnya dan pisahkan setiap cabang jamur enoki satu persatu.

Rebus Jamur Enoki Sebentar

Setelah mencuci dan memotong jamur enoki, rebus jamur enoki selama 1-2 menit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan bau jamur yang terlalu kuat dan membuat tekstur jamur enoki menjadi lebih empuk.

Siapkan Bahan dan Bumbu

Setelah jamur enoki direbus, selanjutnya siapkan bahan dan bumbu yang akan digunakan. Kamu bisa menggunakan bahan dan bumbu sesuai selera. Contohnya seperti bawang putih, cabai, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica.

Tumis Bahan dan Bumbu

Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu tumis bahan dan bumbu yang sudah disiapkan. Tumis hingga harum dan matang. Pastikan bahan dan bumbu tidak terlalu banyak agar rasa jamur enoki masih terasa.

Masukkan Jamur Enoki

Setelah bahan dan bumbu matang, masukkan jamur enoki yang sudah direbus tadi. Aduk rata hingga bumbu merata ke seluruh bagian jamur enoki.

Tambahkan Sedikit Air

Jika dirasa bahan dan bumbu terlalu kering, tambahkan sedikit air ke dalam wajan. Pastikan air tidak terlalu banyak agar jamur enoki tidak terlalu basah.

Tambahkan Garam dan Merica

Setelah itu, tambahkan garam dan merica sesuai selera. Aduk rata dan tunggu sampai jamur enoki matang dan mulai kecokelatan.

Tumis Kembali

Jika dirasa jamur enoki masih belum matang, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan dan tumis kembali hingga matang dan kecokelatan.

Sajikan Jamur Enoki

Setelah matang, angkat jamur enoki dari wajan dan siap disajikan. Kamu bisa menyajikan jamur enoki sebagai menu sayur atau sebagai tambahan topping untuk mie atau nasi goreng. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Cara memasak jamur enoki yang mudah dan enak adalah dengan merebus jamur enoki terlebih dahulu, lalu menumis dengan bumbu dan sedikit air hingga matang dan kecokelatan. Jangan lupa memilih jamur enoki yang segar dan berkualitas untuk hasil yang lebih enak dan sehat. Selamat mencoba, Sobat SinarNarasi!