Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

Apa itu Cilok?

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu makanan khas dari Bandung, yaitu cilok. Cilok adalah singkatan dari “aci dicolok”, yang artinya tepung kanji yang dicolok dengan tusuk sate. Makanan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Kalau kamu ingin mencobanya di rumah, yuk kita coba membuatnya sendiri!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat cilok bumbu kacang, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- 250 gram tepung kanji- 1 sendok teh garam- 1 sendok makan bawang putih yang telah dihaluskan- 350 ml air- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng- Bahan untuk bumbu kacang:- 100 gram kacang tanah yang telah digoreng- 3 siung bawang putih- 3 buah cabai merah keriting- 1 sendok teh gula merah- 1 sendok teh garam- 150 ml air

Cara Membuat Cilok

Pertama-tama, campurkan tepung kanji dengan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket. Setelah itu, ambil satu sendok makan adonan dan bulatkan dengan tangan. Lakukan hingga adonan habis.Selanjutnya, rebus air dalam panci hingga mendidih dan masukkan cilok satu per satu ke dalam air mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.Terakhir, panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng cilok hingga kuning kecoklatan. Tiriskan dan siapkan bumbu kacang.

Cara Membuat Bumbu Kacang

Pertama-tama, haluskan kacang tanah yang telah digoreng menggunakan blender atau ulekan. Sementara itu, iris bawang putih dan cabai merah keriting.Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang putih dan cabai hingga harum. Tambahkan kacang yang telah dihaluskan dan aduk rata. Tuangkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga bumbu mengental. Tambahkan gula merah dan garam, aduk rata.

Cara Penyajian

Ambil beberapa buah cilok dan tusuk dengan tusuk sate. Sajikan dengan bumbu kacang yang telah dibuat sebelumnya. Cilok bumbu kacang siap untuk dinikmati!

Kesimpulan

Membuat cilok bumbu kacang ternyata mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!