Cara Membuat Oralit di Rumah yang Mudah

Ketika mengalami gejala penyakit memang tidak harus semuanya harus di periksakan ke dokter atau langsung dibawa ke rumah sakit. Ada jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya dengan perawatan mudah yang dapat dilakukan di rumah. Baru ketika sudah melakukan pertolongan pertama di rumah tetapi keadaannya tidak membaik bisa untuk dibawa ke rumah sakit.

Salah satu penyakit yang bisa diatasi di rumah adalah diare yang bisa diderita oleh siapa saja. Diare membutuhkan beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari mengonsumsi obat untuk mengobati diare dan membuat oralit guna mengganti cairan tubuh yang hilang dan menghindari mengalami dehidrasi.

Membuat oralit harus dilakukan dan dibarengi dengan konsumsi obat diare. Salah satunya tidak boleh ditinggalkan karena mempunyai fungsi yang berbeda. Oralit dapat untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang akan menyebabkan gangguan diare yang dialami menjadi lebih parah. Saat mengalami diare, Kamu akan kehilangan banyak cairan tubuh karena intensitas BAB yang juga sering.

Sehingga hal tersebut akan meningkatkan resiko mengalami dehidrasi ringan hingga berat. Kamu bisa membuat oralit yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama ketika mengalami diare. Adapun cara membuat oralit di rumah sangat mudah yaitu perlu memperhatikan langkah berikut ini:

  • Siapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu yaitu 6 sendok teh gula pasir, setengah sendok teh garam, dan 1 liter air minum yang matang.
  • Sebelum membuat oralit pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan juga peralatan yang digunakan sudah bersih dan telah dicuci.
  • Siapkan larutan ke dalam gelas tersebut sekitar 1 liter air. Campurkan dengan bahan lainnya yaitu garam dan gula yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Aduk campuran tersebut hingga larut dan oralit siap untuk dikonsumsi untuk menghindari dehidrasi saat diare.

Oralit yang dibuat bisa dikonsumsi untuk siapa saja baik anak hingga dewasa ketika mengalami diare. Akan tetapi tentunya mempunyai dosis dan juga perhatian lainnya yang harus diperhatikan, sehingga oralit tersebut akan aman untuk dikonsumsi. Oralit juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak dengan memperhatikan dosis dan juga langkah tepat untuk memberikannya sebagai salah satu obat yang perlu dikonsumsi selama diare.

Beberapa pertimbangan tersebut untuk memberikan oralit yang tepat pada anak adalah:

  • Cara membuat oralit yang tepat seperti anak juga seperti langkah sebelumnya yaitu dengan mencuci tangan dan peralatan yang akan digunakan untuk membuat oralit sehingga memastikan tidak ada kuman yang dapat memperparah kondisi diare.
  • Berikan anak oralit sebanyak yang diperlukan.
  • Berikan makanan padat untuk membuat diare cepat membaik.
  • Buat larutan oralit baru setelah 24 jam apabila masih membutuhkannya.
  • Jika muntah apabila minum oralit, maka tunggu 10 menit terlebih dahulu sebelum memberikannya kembali.
  • Apabila oralit tidak meringankan gejala diare yang diderita maka sebaiknya segera kunjungi dokter.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika membuat oralit di rumah tersebut bisa Kamu baca dengan lengkap di Diarepedia. Selain cara mudah membuat oralit, website tersebut juga berisi lengkap mengenai informasi penyebab, cara mencegah, dan mengobati diare yang bisa dilakukan untuk menangani diare dengan mudah di rumah. Kamu juga bisa melakukan perawatan yang dibutuhkan lainnya ketika mengalami diare di rumah.

Mulai dari cepat menanganinya terutama 4 jam pertama saat mengalami diare, sehingga mencegah gejala diare yang dialami tidak akan bertambah parah. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang disarankan dan harus dihindari saat diare sehingga diare bisa sembuh dengan segera.

Dan terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai dan artikel yang membahas mengenai cara untuk  membuat oralit di rumah akan saya sudahi sampai disini dan semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi pada pertemuan di artikel yang akan datang.