Cara Membuat Pempek Tanpa Ikan yang Enak dan Sehat

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat pempek tanpa ikan yang sangat lezat dan cocok untuk menyambut hari raya atau sekadar menjadi camilan di waktu luang.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat pempek tanpa ikan, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini:- 500 gram tepung terigu protein tinggi- 1 sendok makan ebi (udang kering) yang sudah dihaluskan- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh penyedap rasa- 700 ml air matang- Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat pempek tanpa ikan yang enak dan sehat:1. Campurkan tepung terigu, ebi yang sudah dihaluskan, garam, dan penyedap rasa dalam sebuah wadah.2. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.3. Istirahatkan adonan selama 30 menit.4. Setelah 30 menit, ambil sejumput adonan dan bulatkan, lalu pipihkan dan beri isian sesuai selera (misalnya: mayonaise, sosis, keju, atau daging cincang).5. Lipat adonan dan bentuk bulat-bulat seperti bola pingpong.6. Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan.7. Goreng bola pempek hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.8. Angkat dan tiriskan.

Tips untuk Membuat Pempek Tanpa Ikan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membuat pempek tanpa ikan yang enak dan sehat:- Pilih tepung terigu protein tinggi yang berkualitas baik agar adonan menjadi lebih elastis dan empuk.- Gunakan ebi yang sudah dihaluskan untuk memberikan rasa gurih pada pempek tanpa ikan.- Istirahatkan adonan selama 30 menit agar adonan lebih mudah diolah dan menyerap bumbu dengan baik.- Beri isian sesuai selera untuk menambahkan variasi pada pempek tanpa ikan.- Goreng bola pempek dalam minyak panas yang cukup banyak dan jangan terlalu banyak digoreng agar tidak terlalu berminyak.

Kelebihan Memilih Pempek Tanpa Ikan

Pempek tanpa ikan memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan pempek tradisional yang menggunakan ikan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari pempek tanpa ikan:- Lebih sehat karena tidak menggunakan ikan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi.- Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan pempek ikan yang bahan bakunya lebih mahal.- Cocok untuk orang yang alergi atau tidak suka dengan ikan.- Bisa dijadikan alternatif camilan yang enak dan sehat.

Kesimpulan

Membuat pempek tanpa ikan ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang simpel, Anda sudah bisa menikmati camilan yang enak dan sehat. Selamat mencoba!