Ikan Asin Peda, Nikmatnya Gurihnya Ikan Asap

Hello sobat SinarNarasi, sudahkah kalian mencicipi ikan asin peda? Jika belum, kalian harus mencobanya! Ikan asin peda adalah salah satu makanan khas dari daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Ikan yang diawetkan dengan cara diasap ini memiliki cita rasa gurih yang luar biasa, membuat siapa saja yang mencobanya pasti tergoda untuk menambahkan nasi lagi dan lagi.

Sejarah Ikan Asin Peda

Ikan asin peda memang dikenal sebagai makanan khas dari Pekalongan, namun sebenarnya makanan ini berasal dari daerah lain. Konon, ikan asin peda pertama kali dibuat oleh seorang pedagang ikan asin asal Cirebon yang bernama Haji Surya. Beliau kemudian membuka usaha ikan asin dan mencoba mengembangkan bisnisnya ke Pekalongan. Dari situlah ikan asin peda mulai dikenal dan menjadi makanan khas daerah Pekalongan.

Cara Membuat Ikan Asin Peda

Semua orang tentu penasaran bagaimana cara membuat ikan asin peda yang enak. Ikan asin peda dibuat dari ikan segar yang dicuci bersih lalu dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. Potongan ikan tersebut kemudian diasap menggunakan kayu bakar yang berasal dari pohon mangga, jambu, atau durian. Proses pengasapan ini memakan waktu sekitar 5-7 jam hingga ikan matang dan berubah warna. Setelah itu, potongan ikan tersebut dicuci kembali dan ditiriskan hingga kering. Ikan asin peda siap disajikan.

Berbagai Olahan Ikan Asin Peda

Meskipun ikan asin peda yang asli hanya menggunakan bahan ikan segar yang diasap, namun kini banyak sekali olahan ikan asin peda yang beredar di pasaran. Beberapa di antaranya adalah ikan asin peda goreng, ikan asin peda saus padang, ikan asin peda balado, dan masih banyak lagi. Semua olahan tersebut memiliki cita rasa yang berbeda-beda, namun tetap enak dan gurih seperti ikan asin peda asli.

Manfaat Ikan Asin Peda

Selain enak dan gurih, ikan asin peda juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ikan asin peda mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, ikan asin peda juga mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk memperkuat otot dan menjaga kesehatan kulit.

Tips Memilih Ikan Asin Peda

Untuk mendapatkan ikan asin peda yang enak dan berkualitas, ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan ikan yang dipilih segar dan baunya tidak amis. Kedua, perhatikan warna ikan apakah sudah berubah menjadi kecoklatan atau belum. Jangan memilih ikan asin peda yang masih berwarna merah karena belum matang sempurna dan masih memiliki kadar garam yang tinggi. Terakhir, pastikan ikan asin peda yang dipilih tidak terlalu kering atau terlalu basah.

Cara Menyajikan Ikan Asin Peda

Ikan asin peda bisa disajikan sebagai lauk pauk atau dijadikan sebagai bahan masakan. Cara menyajikannya pun mudah. Cukup panaskan sedikit minyak goreng lalu goreng ikan asin peda yang sudah dicuci dan ditiriskan hingga matang. Ikan asin peda siap disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi. Selain itu, ikan asin peda juga bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti sayur asam, lodeh, atau semur.

Tempat Membeli Ikan Asin Peda

Jika kalian ingin mencoba ikan asin peda yang enak dan berkualitas, kalian bisa membelinya di pasar tradisional atau toko ikan asin terdekat. Namun, jika kalian tidak ingin repot, kalian bisa membeli ikan asin peda secara online. Ada banyak sekali toko online yang menjual ikan asin peda dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Ikan asin peda memang memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Selain enak, ikan asin peda juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan ikan asin peda yang enak dan berkualitas, pastikan memilih ikan yang segar dan memperhatikan warna serta kekeringannya. Ikan asin peda bisa disajikan sebagai lauk pauk atau dijadikan sebagai bahan masakan. Jadi, tunggu apa lagi, segera cicipi nikmatnya ikan asin peda!