Inilah Manfaat Buah Semangka Untuk Wanita yang Sedang Mengandung

Kehamilan perlu dijaga dengan baik salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan saat hamil dan menghindari makanan yang dapat beresiko untuk kehamilan. Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah buah semangka. Buah ini memberikan beragam manfaat terbaik karena kandungan yang ada di dalamnya. Buah ini mempunyai kandungan air, karbohidrat, sedikit kalori, protein, dan lemak yang memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil seperti berikut ini.

Mencegah Preeklamsia

Manfaat buah semangka pertama bagi ibu hamil adalah dapat mencegah preeklamsia. Apa yang dimaksud preeklamsia adalah kondisi peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang sudah memasuki kehamilan 20 minggu. Apabila tidak ditangani dengan segera, kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang serius dan fatal. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil bisa mengonsumsi semangka yang mempunyai kandungan likopen yang kaya. Antioksidan di dalam buah semangka ini mempunyai manfaat dapat mencegah terjadinya preeclampsia. Sehingga hal tersebut juga bisa menurunkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah yang membutuhkan perawatan lebih hingga dapat menyebabkan kematian.

Menurunkan dan Mengontrol Tekanan Darah

Buah semangka juga dapat memberikan manfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Manfaat semangka dapat untuk menurunkan tekanan darah dengan melebarkan dan merealisasi pembuluh darah. Hal tersebut karena kandungan citrulline asam amino di dalam buah ini yang paling tinggi, sehingga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Begitu juga buah ini yang mempunyai kandungan mineral dan elektrolit yang bagus untuk menjaga jantung tetap sehat. Buah ini seperti buah pisang, jeruk, melon, mentimun, hingga brokoli mempunyai kandungan kalium yang dapat mengontrol tekanan darah lebih baik. Mengonsumsi buah ini juga dapat memenuhi kebutuhan harian kalium yang dibutuhkan tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ketika sedang hamil hormon berubah yang menyebabkan banyak hal. Hal tersebut juga termasuk dapat untuk membuat tubuh akan lebih rentan dari penyakit, sehingga perlu dijaga dengan baik dengan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Untuk meningkatkan imunitas tubuh tersebut dapat dengan mengonsumsi semangka yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi. Vitamin tersebut akan membantu membentuk collagen sebagai protein yang penting untuk tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Mengatasi Kram

Manfaat semangka terakhir juga dapat mengatasi kram untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang sering mengalami kram bisa mengatasinya dengan bahan alami yang mudah yaitu semangka. Buah ini mempunyai kandungan kalium dan vitamin B5 yang dapat meringankan gejala kram. Vitamin tersebut dapat membentuk hormon kehamilan, sehingga akan membantu masa kehamilan lebih nyaman dengan mengatasi kram yang biasanya dirasakan ibu hamil

Agar mendapatkan manfaat semangka  bagi ibu hamil seperti di atas, pastikan untuk mengonsumsi semangka secara rutin. Akan tetapi juga pastikan tidak berlebihan karena juga tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Hal lain yang harus diperhatikan adalah dengan memilih buah semangka yang masih segar dan organik yang bagus untuk ibu hamil. Mendapatkan buah tersebut bisa di TaniHub yang menyediakan berbagai buah dan sayuran organik termasuk buah semangka organik. Selain organik, Anda bisa juga bisa mendapatkan manfaat membeli semangka yang dijamin segar, pengiriman hanya satu hari, cukup membelinya dari rumah secara online, dan harga bersaing karena banyak promo yang tersedia.