Jenis Janda Bolong Tanaman Hias yang Wajib Kamu Punya

Siapa yang mengenal tanaman hias ini, tanaman hias Janda Bolong merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia.

 

Selain mudah dalam perawatannya, ternyata bentuk unik dari daun Bolong Janda ini menjadi pilihan sebagian orang sebagai dekorasi rumah.

 

Janda tindik paling populer di Indonesia adalah Monstera Adansonii. Namun selain dari jenis-jenis tersebut, ada jenis lain yang tak kalah cantiknya. Berikut jenis-jenis hiasan tindik janda yang tak kalah cantiknya.

 

Jenis Hiasan Penusuk Janda

monstera

Tanaman ini merupakan tanaman hias Janda Bolong yang memiliki daun berwarna hijau dengan tekstur yang tebal dan lembut.

 

Daunnya berbentuk seperti daun Adansonii, hanya saja tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang lebih lebar dengan lubang yang lebih kecil pada daunnya.

 

Tanaman ini tumbuh pada tanaman merambat dan jika dibiarkan merambat di pohon, tanaman ini dapat tumbuh cukup besar karena runcing adalah epifit.

 

monstera

Termasuk tanaman hias janda bolong termahal, daun monstera berbentuk seperti tanaman lainnya. Hanya saja daun tanaman ini memiliki lubang yang lebih lebar sehingga memberikan kesan daunnya berbentuk seperti sarang laba-laba.

 

Tekstur daun tanaman ini juga lebih tipis dari tanaman lain, sehingga Anda harus lebih berhati-hati. Apalagi mengingat harganya yang cukup mahal.

 

monstera

Dikenal dengan bentuk daunnya yang unik, tak heran jika tanaman ini banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Untuk perawatannya sendiri, tanaman ini tidak sulit, bahkan bagi yang baru pertama kali ingin merawat tanaman hias.

 

Ciri-ciri tanaman ini juga mudah dikenali, berwarna hijau tua dengan lubang-lubang pada daunnya.

 

Monstera Adansonii Varigata

Tanaman di bawah ini adalah versi beraneka ragam dari Monstera Adansonii. Janda hias bolong beraneka ragam hadir dalam 2 varian, asli dan Jepang.

 

Tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang khas seperti Adansonii, dengan bintik-bintik putih pada daunnya yang terlihat seperti cipratan cat.

 

Untuk mempertahankan warna tanaman ini, letakkan di bawah sinar matahari tidak langsung. Jangan terlalu banyak, karena akan menyebabkan warna hijau daun terlalu menonjol.

 

Karena tanaman ini tumbuh dari tanaman merambat, Anda bisa membantunya tumbuh dengan menggunakan lumut turus.

 

Menggunakan lumut turus akan membantu tanaman hias bolong varigata janda Anda tumbuh sebaik mungkin karena akar angin akan menempel pada lumut dan menyerap nutrisi.

 

Monstera Jepang Adansonii Varigata

Tanaman ini memiliki pola variegata putih yang lebih menonjol. Bahkan dalam satu daun, tanaman bisa benar-benar putih,

 

Merawat tanaman ini seperti tanaman lainnya, jangan terlalu banyak menyiram atau terkena sinar matahari karena dapat membakar daun beraneka ragam.

 

Garis-garis putih pada daun tanaman ini dapat dengan mudah terbakar karena terlalu banyak air atau cahaya yang berlebihan.

 

Dari segi harga sendiri, tanaman ini masih cukup mahal karena permintaan yang tinggi, namun ketersediaan tanaman masih belum banyak.

Baca Juga : how to pick a good pomegranate

Monstera Adansonii Varigata Mint

Variasi pola botani ini mirip dengan pola beraneka ragam lokal. Kombinasi warna kuning, hijau muda dan hijau tua memberikan nuansa mint pada warna daunnya.

 

Daun tanaman ini bentuknya lebih kecil. Karena tumbuh melalui sulur, Anda bisa membantunya menambahkan lumut turus agar memperbanyak diri dan tetap mendapatkan nutrisi.

 

Jenis ini sangat langka, sehingga harganya lebih mahal dari hibrida Jepang. 

 

Untuk mereplikasi tanaman ini, Anda dapat memotong simpul akar dan meletakkannya di wadah berisi air atau lumut.

 

Setelah dua sampai tiga minggu, akar akan mulai tumbuh, dan jika akar sudah cukup panjang, Anda bisa memindahkannya ke media tanam di dalam pot.

 

Untuk menjaga polanya, caranya sederhana. Pastikan tanaman Anda mendapatkan cukup sinar matahari untuk fotosintesis.

 

Berkat hidup di negara tropis, tanaman ini tidak terlalu rewel. Adansonii Mint menyukai suhu yang hangat daripada terlalu panas, di sisi lain tanaman ini tidak terlalu toleran terhadap suhu yang terlalu dingin. Jika suhu tidak sesuai dengan sifat tanaman, dapat menyebabkan berbagai masalah.

 

monstera

Sepintas, tanaman ini mungkin sulit dibedakan dengan jenis tanaman hias lainnya. Monstera merupakan tanaman hias cantik yang masih tergolong langka.

 

Daunnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan Adansonii dan Acuminata. Daun tanaman ini juga berwarna lebih terang.

 

Di habitat aslinya di hutan Amerika, tanaman ini memanjat pohon dan bisa berukuran cukup besar.

 

Pencahayaan tanaman ini di habitat aslinya adalah di bawah naungan pohon-pohon besar. Buatlah warna terang yang terang, jadi pastikan untuk mendapatkan warna yang terang meskipun Anda ingin menyimpan tanaman ini di rumah atau pekarangan Anda.

 

Siram tanaman ini selama sekitar 2 atau 3 hari. Sesuaikan juga dengan lingkungan sekitar, pastikan media tanam tetap lembab. Juga tidak baik jika terlalu banyak air karena rentan terhadap busuk akar dan masalah lain seperti hama dan infestasi.

 

Monstera Esqueleto

Daun Monstera Esqueleto bentuknya mirip dengan Obliqua, dengan lubang besar di daunnya.

 

Mungkin sulit untuk membedakan Monstera Esqueleto dari tipe lain karena mereka serupa.

 

Perbedaan utama antara monstera ini dan monstera lainnya adalah warna, tekstur, dan pola lubang di daunnya. Tetap saja, tanaman janda tindik ini agak sulit dibedakan jika masih muda.

 

Tanaman ini memiliki lubang dan daun yang besar, warnanya lebih terang dan teksturnya lebih kasar. Monstera Esqueleto dapat tumbuh hingga 2 kaki jika disimpan di dalam ruangan.

 

Suka topik tanaman kunjungi all about gardening