3 Jenis Surya Atap dari Perusahaan Solar Panel di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang saat ini tengah mengembangkan sistem aliran listrik yang jauh lebih canggih. Salah satu cara pengembangan penghematan listrik yang lebih baik ini ditunjukkan dengan keberadaan perusahaan solar panel di Indonesia yang memiliki 3 jenis produk. Penasaran dengan ketiga jenis produk solar panel yang di tawarkan, berikut penjelasan lengkapnya untuk anda.

SUN Energy - PLTS 8

3 Jenis Surya Atap dari Perusahaan Solar Panel

  1. Jenis Silikon Polikristal

Tipe panel surya yang pertama ini terbuat dari batang kristal silikon yang mana telah dileburkan terlebih dahulu. Jika bahan tersebut sudah mencair, selanjutnya di tuangkan dalam cetakan yang memiliki berbentuk persegi. Salah satu ciri dari panel surya ini yaitu ada dalam retakan di dalam sel surya dan terdiri dari banyak sekali fragmen berupa kristal silikon.

Kelebihan yang diberikan oleh panel silikon polikristal kereh ini yaitu lebih pada susunannya yang nampak rapi dan juga lebih rapat. Kemudian untuk nilai efisiensinya mencapai 17%  atau bisa di artikan cukup bagus serta efisien. Meskipun mempunyai efisiensi dibawah silikon monokristal, akan tetapi bagian tipe ini banyak diminati masyarakat Indonesia karena menawarkan harga yang ramah kantong.

 

  1. Silikon Monokristalin

Silikon Monokristal juga menjadi salah satu produk panel surya dari perusahaan solar panel di Indonesia yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Untuk bagian tipe ini memiliki banyak kelebihan seperti efisiensi dan juga mempunyai jangka waktu pemakaian yang jauh lebih panjang dan juga awet. Untuk sel surya yang dipakai yaitu terbuat dari bahan kristal silikon murni serta tipis.

Sel surya keren ini disebut dengan nama monocrystalline, karena ia telah terbuat dari silikon kristal tunggal. Bila ditinjau dari efisiensinya, jenis ini mampu mengkonversi energi matahari dalam bentuk listrik dengan maksimal. Sehingga hanya membutuhkan luas penampang yang kecil daripada panel yang lain untuk bisa menghasilkan energi yang serupa. Dan tentunya hal ini menjadi poin lebih tersendiri.

 

  1. Sel Surya Film Tipis

Kemudian untuk jenis solar panel yang terakhir biasanya disebut dengan thin film,. Adanya sebutan tersebut karena ia menggunakan sel surya yang sangat tipis dan berukuran kurang lebih 10 nm, atau jauh lebih tipis daripada kristalin silikon yang memiliki ukuran sekitar 200 hingga 300 nm. Lapisan tipis dalam panel ini juga ditambahkan pada permukaan kaca, plastik, maupun logam.

Dengan ukuran yang tipis tersebut, thin film dari perusahaan solar panel di Indonesia ini menjadi sangat ringan saat di bawa. Selain itu alat canggih ini juga tidak bakal mengalami penurunan performa, baik dalam hal temperatur yang sangat tinggi. Walaupun efisiensi yang ditawarkan masih 10%, akan tetapi sel surya film tipis  juga banyak diminati pembeli karena harga yang ditawarkan cukup murah.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan singkat di atas adalah bahwa ada 3 jenis surya atap dari perusahaan solar panel. Ketiga jenis atau tipe yang di maksud antara lain adalah jenis silikon polikristalin, silikon monokristallin, dan film tipis. Semua tipe tersebut bisa anda temukan pada perusahaan SUN Energy yang menawarkan DP 0%. Jadi segera kunjungi sunenergy.id.