Mengenal Fungsi Dan Kegunaan Baja Wf

Baja WF atau adalah baja yang memiliki kekuatan tarik dan daya tekan yang sangat tinggi. Biasanya baja ini pergunakan untuk pembangungan konstruksi dan struktural. Bahan ini merupakan sebuah elemen yang sangat sempurna bagi material konstruksi karena mampu menahan tarikan yang cukup besar serta tekanan aksial.

Pengertian Baja WF

Ukuran baja wf yang terbilang cukup besar membuat bahan material yang satu ini sangat cocok untuk anda pergunakan sebagai alat bantu pada saat proses pembangunan sebuah gedung atau kantor.

Apa Itu Baja WF?

Baja WF wide flang adalah jenis bahan bangunan yang sering digunakan untuk membangun sebuah rumah, gedung, kantor dan lain-lain. Bentukn dari baja WF menyerupai huruf I dan H. dan juga terdiri dari dua sayap (flange) dan satu badan utama. Flange merupakan potongan dari baja berbentuk horizontal pada bagian atas dan bawah komponen pada badan utama baja.

Kegunaan Baja WF

Baja WF memiliki banyak sekali kegunaan yang bisa di aplikasikan ke sebuah bangunan. Juga bisa diletakkan secara sejajar dengan tanah sehingga akan membentuk lantai dan atap yang kokoh. Bahan ini memiliki sebuah peran  penting dalam pembangunan konstruksi, dan memiliki sebuah fungsi untuk penyangga .

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari Baja WF pada umumnya:

Sebagai Alat Untuk Penyangga Sementara

Baja WF di pergunakan untuk menahan tanah saat konstruksi sedang berlangsung .

Fondasi Struktural

Baja WF Digunakan sebagai salah satu bagian dari struktur akhir yang sedang dibangun untuk dapat menopang dan menstabilkan struktur kontruksi. Struktur ini bisa berupa jembatan, Rumah, Perkantoran dan lain-lain.

Retensi Dinding

Baja WF digunakan sebagai elemen penstabil di dinding untuk retensi tanah, penghalang suara di sepanjang jalan raya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kelebihan Baja WF

Bahan ini sangat cocok digunakan menahan beban yang berat. Terutama beban tekan dan tarik aksial. Bangunan yang menggunakan rangka baja WF pada umumnya kuat dan kokoh karena strukturnya sendiri mampu menahan beban bangunan dari gaya vertikal dan horizontal yang di akbibatkan oleh gravitasi yang ada di bumi.Rangka baja WF sangat cocok di gunakan pada konstruksi tanah yang cukup labil.