Menghitung Loading Fee Asuransi Mobil Tua, Anda Wajib Pelajari

Apakah Anda mengetahui bahwa usia kendaraan mempengaruhi premi asuransi mobil yang perlu dibayarkan setiap periodenya? Pasalnya, terdapat ketentuan usia maksimal yang dapat diproteksi oleh  asuransi mobil all risk atau Total Loss.

Jika ternyata umuran kendaraan roda empat Anda melebihi ketentuan tersebut maka akan dikenakan biaya yang disebut loading fee. Anda dapat menghitung loading fee asuransi mobil untuk memperkirakan besarannya yang berbeda dibandingkan dengan premi biasa.

Cara Menghitung Loading Fee Asuransi Mobil

Ketentuan untuk menghitung loading fee asuransi mobil adalah selisih umur maksimal yang dapat ditanggung oleh asuransi All Risk dan Total Loss yaitu maksimal 5 tahun. Nilai loading fee yang berlaku pada umumnya adalah besarnya 5% per tahun.

Semakin tua umur mobil maka loading fee-nya pun akan semakin besar karena ada perkalian antara selisih dengan nilai maksimal usia mobil yang diproteksi. Jadi simulasinya adalah sebagai berikut. jika mobil Anda adalah telah berusia 7 tahun dan berada di wilayah Jakarta maka kira-kira tarif preminya adalah 3,59 persen.

Harga mobilnya sekitar 100 juta rupiah dan akan diasuransikan menggunakan asuransi all risk. Maka yang pertama kali kita lakukan adalah menentukan selisih usia maksimal mobil tersebut, yaitu 7 tahun- 5 tahun = 2 5ahun.

Cara menghitung premi yang harus Anda bayarkan dengan loading fee seperti ketentuan umur kendaraan di atas.

((Selisih Tahun Kendaraan x Biaya Loading Fee x Tarif Premi per Wilayah) + Tarif Premi per Wilayah) x Harga Mobil

Premi sesungguhnya + loading fee: ((2 x 5% x 3,59%) + 3,59%) x Rp100.000.000 = Rp1.288.810.

Premi tersebut belum ditambah dengan besarnya biaya lain yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Misalnya ada materai. administrasi, dan lain sebagainya. Tanyakanlah pada agen asuransi mobil anda untuk Informasi yang lebih detail.

Setelah memperkirakan biaya tersebut melalui menghitung loading fee asuransi mobil, Anda kini sudah mengetahui berapa  besarnya kira-kira premi harus dibayarkan. Apakah sesuai dengan layanan yang perusahaan asuransi tawarkan atau tidak. Pertimbangkanlah dengan bijak semua resikonya.