Obat yang Aman dan Efektif Untuk Mengatur Kadar Gula Darah

Diabetes tipe II adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak dikelola dengan baik. Metformin, obat oral yang telah terbukti efektif dalam mengurangi risiko kejadian kardiovaskular dan masalah kesehatan lainnya yang terkait dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol, dapat menjadi pilihan yang layak bagi orang-orang yang berisiko tinggi untuk masalah ini tetapi tidak mau atau tidak mampu untuk terlibat dalam perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga. Satu-satunya tindakan pencegahan terhadap penggunaan obat ini adalah yang berlaku untuk semua obat: jangan meminumnya jika Anda alergi, memiliki penyakit hati, atau mengembangkan tanda-tanda asidosis laktat (seperti kelelahan yang tidak dapat dijelaskan). Perlu dicatat bahwa beberapa penelitian menunjukkan insiden serangan jantung yang lebih tinggi di antara pasien yang menggunakan Metformin, namun tidak jelas apakah ini karena kebetulan atau apakah pasien yang mengalami serangan jantung saat menggunakan obat tersebut tidak dapat meminumnya karena alasan tertentu sebelum pertemuan berikutnya dengan dokter mereka.

Seperti halnya obat apa pun, ada potensi efek samping yang terkait dengan penggunaan Metformin. Beberapa orang mungkin mengalami sakit perut, mual, muntah, diare, atau gangguan pencernaan saat minum obat. Tidak diketahui apakah Metformin menyebabkan efek samping ini, atau apakah hanya ada pada orang yang sensitif terhadap obat. Masalah yang lebih serius mungkin terjadi dengan penggunaan Metformin, tetapi penting untuk dicatat bahwa banyak dari masalah ini dapat dihindari jika pasien menjalani pemantauan dan pengujian rutin untuk mengikuti perkembangan reaksi tubuh mereka terhadap obat. Beberapa orang telah melaporkan merasa pusing, lelah, atau lemah saat menggunakan Metformin. Gejala-gejala ini biasanya berhubungan dengan penurunan fungsi ginjal, sehingga dapat diobati oleh dokter tetapi mungkin perlu menambahkan obat lain ke dalam rejimen pengobatan seseorang.

Metformin tidak mahal dan biayanya tidak boleh menjadi penghalang bagi orang yang berisiko tinggi untuk komplikasi yang terkait dengan diabetes tipe 2. Harga Metformin HCl 500 mg berkisar dari 2.000 rupiah hingga 9.000 rupiah, sehingga kemungkinan besar bisa dibeli obat ini bagi kebanyakan orang karena harganya yang cukup terjangkau.

Orang yang berisiko terkena serangan jantung dan masalah lain yang terkait dengan diabetes yang tidak terkontrol mungkin ingin berbicara dengan dokter mereka tentang kemungkinan mengonsumsi Metformin. Perlu dicatat bahwa jika Anda belum memiliki diagnosis diabetes tipe II, tetapi mengalami beberapa gejalanya (seperti kelelahan dan rasa haus yang meningkat), sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan baru.

Metformin adalah obat yang aman dan efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Ini juga disetujui oleh FDA untuk digunakan pada pasien dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), yang mungkin menjadikannya pilihan yang baik bagi wanita yang berjuang untuk hamil yang berisiko tinggi terkena diabetes Tipe II. Metformin hanya tersedia dengan resep dokter, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum meminumnya.