Pedasnya Disukai, Ini 5 Manfaat Cabe Rawit yang Bisa Kamu Coba

Bagi kamu pecinta pedas, makan tanpa sambal pastinya terasa kurang “nendang”, bukan? Maka tidak salah, jika cabe menjadi salah satu bumbu wajib yang harus ada di dapur. Di Indonesia, cabe yang terkenal kepedasannya adalah cabe rawit. Ya, cabe rawit memang merupakan salah satu jenis cabe yang cukup populer di Indonesia.

Dibanding dengan cabe merah biasa, rasa cabe yang satu ini memang terasa lebih pedas. Hal ini karena zat capsaicin yang ada pada cabe rawit cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, cabe rawit juga memiliki kandungan lain seperti beta karoten atau provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, mineral, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, zat besi, dan kalium. Nah, untuk kamu penyuka cabe tapi belum tahu apa saja manfaatnya, berikut ini adalah sembilan manfaat cabe rawit yang bisa kamu coba.

Ini manfaat cabe rawit yang bisa kamu coba

  1. Mencegah penyakit beri-beri

Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena kurangnya vitamin B1. Penyakit ini mengakibatkan penderita mengalami pembengkakan di area betis. Penyakit yang ditandai dengan gejala awal kaki terasa tebal yang kemudian disertai dengan kesemutan pada seluruh anggota tubuh ini, ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi cabe rawit. Hal ini karena kandungan vitamin B1 yang ada di dalamnya cukup tinggi.

  1. Membantu menyembuhkan luka usus

Jika dikonsumsi dalam batas wajar, cabe rawit ternyata memiliki peranan penting dalam menyembuhkan masalah kesehatan pencernaan dan masalah pada usus. Hal ini karena sifat antiiritasi dan kandungan vitamin C yang terkandung dalam cabe rawit cukup tinggi. Kandungan tersebut tentunya dapat membantu menyembuhkan masalah luka usus yang diakibatkan karena adanya pergerakan peristaltik saat proses pencernaan berlangsung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Untuk kamu yang berencana menurunkan berat badan, cabe rawit bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dicoba. Pasalnya, kandungan capsaicin yang ada di sayuran pedas ini mampu membakar lemak dalam tubuh, kemudian mengeluarkannya bersama keringat. Tentu saja hal tersebut bisa membantu proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat. Tidak hanya menurun berat badan, cabe rawit juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Ternyata tidak hanya wortel saja, cabe rawit juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Kemampuannya tersebut tidak lain karena cabe ini mengandung vitamin B2 yang memiliki peranan penting dalam menjaga kondisi mata agar tetap sehat.

  1. Membantu mengatur mood dan suasana hati

Kemacetan yang terjadi saat perjalanan menuju kantor pastinya membuat mood kamu memburuk. Sesampainya di kantor, terkadang hal itu juga berpengaruh pada suasana hati yang pada akhirnya malah membuat pekerjaan kamu lebih lama selesai dan hasilnya pun kurang maksimal.

Nah, jika hal tersebut terjadi pada diri kamu sekarang, kamu bisa memilih olahan makanan pedas berbahan cabe rawit tentunya bisa menjadi pilihan. Hal ini karena cabe rawit mampu mengeluarkan zat kimia bernama endorfin. Zat tersebut dikenal mampu meningkatkan enzim dalam sistem tubuh dan membantu mengatur perubahan suasana hati dan rasa sakit yang terjadi pada tubuh.

Ingin mencoba manfaat cabe rawit ini? Jika kamu tertarik untuk membeli cabe rawit, kamu bisa menemukannya di TaniHub.

Itulah deretan manfaat cabe rawit yang bisa kamu coba. Jadi, tidak ada salahnya jika mulai sekarang kamu mulai menyukai jenis cabe yang satu ini. Jika kamu tertarik untuk membeli cabe rawit, kamu bisa menemukannya di TaniHub. Yuk, cek produknya sekarang juga!