Resep Bika Ambon: Kue Tradisional Asli Indonesia yang Lezat dan Gurih

Kenalan dengan Bika Ambon

Hello Sobat SinarNarasi! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal lezat dan gurih, yaitu bika ambon. Siapa yang belum pernah mencicipi kue yang satu ini? Bika ambon merupakan kue yang berasal dari Medan, Sumatra Utara. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, serta aroma pandan yang khas. Bika ambon dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Medan, atau pun sebagai hidangan untuk acara-acara tertentu seperti ulang tahun atau hari besar.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak bika ambon, tentu saja kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bika ambon:- 400 gram tepung terigu- 250 gram gula pasir- 8 butir telur- 1 sendok makan fermipan (ragi instan)- 1 sendok teh air kapur sirih- 250 ml santan kental- 100 ml air pandan suji- 1/4 sendok teh garam- Margarin untuk olesanJangan khawatir, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bika ambon sangat mudah didapatkan di pasaran. Setelah semua bahan telah disiapkan, kita dapat memulai proses pembuatan kue bika ambon.

Cara Membuat Bika Ambon

1. Pertama-tama, siapkan baskom dan campurkan telur, gula pasir, fermipan, dan air kapur sirih. Aduk hingga merata.2. Tambahkan tepung terigu secara bertahap dan aduk hingga tercampur rata.3. Masukkan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak bergerindil.4. Tambahkan air pandan suji dan garam, aduk rata.5. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang.6. Setelah adonan mengembang, panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.7. Olesi loyang dengan margarin.8. Aduk adonan kembali sebentar, lalu tuangkan ke dalam loyang. Pastikan loyang diisi hanya dua per tiga saja.9. Panggang bika ambon dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Tes dengan tusuk gigi, jika tusuk gigi keluar bersih maka kue sudah matang.10. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak. Bika ambon siap disajikan.

Tips Membuat Bika Ambon yang Lezat

– Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas baik.- Jangan terlalu sering membuka oven ketika kue sedang dipanggang, agar kue tidak kering dan tidak mengembang dengan baik.- Jangan terlalu banyak mengocok adonan setelah ditambahkan tepung terigu, agar kue tidak menjadi keras.- Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan margarin, agar kue tidak lengket ketika diangkat.

Kesimpulan

Bika ambon memang merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat lezat dan enak. Dari segi tekstur hingga aroma, kue ini memiliki ciri khas tersendiri yang membuat banyak orang ketagihan. Selain itu, membuat bika ambon juga tidak terlalu sulit. Dengan beberapa bahan dan langkah yang mudah diikuti, kita sudah bisa membuat kue ini di rumah sendiri. Jangan lupa untuk mencoba resep bika ambon di atas ya, Sobat SinarNarasi! Selamat mencoba dan semoga berhasil.