resep kentang

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas resep kentang yang bisa membuat lidah kalian bergoyang. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Selain mudah ditemukan di pasar, kentang juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Yuk, simak resep-resep kentang berikut ini!

1. Kentang Goreng Krispi

Siapa yang tidak suka kentang goreng yang renyah dan gurih? Untuk membuat kentang goreng krispi, kalian bisa menggunakan kentang jenis apa saja, baik itu kentang biasa, kentang sweet potato, atau bahkan kentang ungu. Pertama, kupas kentang dan potong dengan ukuran yang sesuai dengan selera. Rendam kentang dalam air selama 30 menit untuk menghilangkan kelebihan pati. Setelah itu, tiriskan dan keringkan kentang dengan tissue dapur. Goreng kentang dalam minyak panas hingga kecoklatan dan krispi. Tambahkan sedikit garam dan lada putih saat masih panas. Kentang goreng krispi siap disajikan!

2. Kentang Panggang Keju

Untuk kalian yang suka keju, kentang panggang keju bisa jadi pilihan yang tepat. Pertama, kupas kentang dan potong dengan ukuran yang sama. Rebus kentang hingga setengah matang. Setelah itu, panggang kentang dalam oven hingga matang dan kecoklatan. Sambil menunggu, siapkan saus keju dengan mencampurkan mentega, tepung terigu, susu, dan keju cheddar. Masak dengan api kecil hingga keju meleleh dan saus mengental. Setelah kentang matang, tambahkan saus keju di atas kentang panggang. Kentang panggang keju siap dinikmati!

3. Kentang Balado

Bagi yang suka pedas, kentang balado bisa jadi pilihan yang tepat. Pertama, kupas kentang dan potong dengan ukuran yang sesuai. Rebus kentang hingga setengah matang. Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah hingga harum. Tambahkan gula, garam, dan sedikit air. Masukkan kentang dan aduk rata. Tambahkan daun jeruk dan tomat cincang. Masak hingga kentang matang dan bumbu meresap. Kentang balado siap disajikan dengan nasi hangat.

4. Mashed Potato

Untuk membuat mashed potato yang lezat, pertama, kupas kentang dan potong dengan ukuran kecil. Rebus kentang hingga empuk. Setelah itu, tambahkan mentega, susu, garam, dan lada putih pada kentang yang sudah direbus. Haluskan kentang dengan potato masher atau garpu hingga lembut dan lezat. Tambahkan taburan parsley atau daun bawang untuk memberikan aroma dan rasa yang segar. Mashed potato siap disajikan sebagai lauk atau sampingan.

5. Kentang Sambal Ijo

Kentang sambal ijo merupakan hidangan khas Padang yang sangat populer di seluruh Indonesia. Pertama, kupas kentang dan potong dengan ukuran yang sesuai. Rebus kentang hingga setengah matang. Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe hijau hingga harum. Tambahkan gula, garam, dan air secukupnya. Masukkan kentang dan aduk rata. Masak hingga kentang matang dan bumbu meresap. Kentang sambal ijo siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya.

Kesimpulan

Kentang merupakan bahan makanan yang sangat serbaguna dan mudah diolah. Selain enak, kentang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan resep-resep kentang di atas, kalian bisa mencoba mengolah kentang menjadi hidangan yang lezat dan beragam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!