Resep Mendoan: Cara Mudah dan Murah untuk Membuat Makanan Enak dari Tempe

Tempe, Bahan Utama Mendoan yang Lezat

Hello Sobat SinarNarasi! Siapa yang tidak suka dengan makanan gurih dan renyah yang satu ini? Mendoan, makanan khas dari Jawa Tengah ini memang menjadi favorit banyak orang. Mendoan yang terbuat dari tempe yang digoreng tepung ini memang sangat mudah untuk dipraktekkan. Selain mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mendoan juga sangat murah dan mudah didapat. Tempe, sebagai bahan utama mendoan, memang mudah ditemukan di pasar atau toko-toko terdekat. Ingin tahu bagaimana cara membuat mendoan yang enak dan lezat? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Sebelum kita memulai resep mendoan, kita perlu tahu dulu apa yang membuat makanan ini terlihat begitu menggiurkan. Mendoan terlihat seperti bakwan, tetapi berbeda dari bentuknya yang pipih dan warna kecoklatan yang terkesan lebih garing. Mendoan dibuat dengan membuat adonan tepung terigu, tepung beras, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih dan bawang merah. Adonan tersebut kemudian dicelupkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan tepung beras dan ditambahkan potongan tempe. Kemudian, adonan tempe tersebut digoreng dalam minyak goreng yang panas hingga kecoklatan. Sederhana bukan?

Bahan dan Langkah-Langkah Membuat Mendoan yang Lezat

Meskipun resep mendoan terlihat mudah untuk dipraktekkan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendoan yang dihasilkan enak dan lezat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mendoan:

– 250 gram tempe

– 100 gram tepung terigu

– 50 gram tepung beras

– 1 sdt garam

– 1/2 sdt ketumbar bubuk

– 2 siung bawang putih, haluskan

– 2 siung bawang merah, haluskan

– 1 sdt kaldu bubuk

– 150 ml air matang

– Minyak goreng secukupnya

Setelah bahan-bahan di atas siap, langkah-langkah berikut ini bisa Sobat SinarNarasi ikuti untuk membuat mendoan yang enak:

1. Potong tempe tipis-tipis, kemudian sisihkan.

2. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, ketumbar bubuk, bawang putih, bawang merah, dan kaldu bubuk. Aduk rata.

3. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil.

4. Masukkan potongan tempe ke dalam adonan, aduk rata.

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu ambil adonan tempe satu persatu dan goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kecoklatan.

6. Angkat dan tiriskan mendoan yang sudah digoreng, lalu siap disajikan.

Tips agar Mendoan Tidak Lembek

Salah satu masalah yang sering terjadi saat membuat mendoan adalah mendoan yang terlalu lembek atau kurang garing. Namun, jangan khawatir, Sobat SinarNarasi! Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mendoan yang dihasilkan tidak lembek, antara lain:

– Potong tempe menjadi tipis-tipis, supaya adonan bisa menyerap sempurna ke dalam tempe.

– Gunakan air dingin atau es batu saat mencampurkan adonan tepung dengan air agar tetap kental dan tidak terlalu encer.

– Goreng mendoan dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan suhu yang tepat agar mendoan matang merata dan tidak lembek.

Selesai, Selamat Mencoba!

Itulah resep mendoan yang mudah dan murah untuk Sobat SinarNarasi coba di rumah. Selain enak dan lezat, mendoan juga sangat cocok untuk camilan di kala santai atau sebagai lauk dalam makanan sehari-hari. Jangan lupa untuk memperhatikan bahan-bahan dan cara membuat mendoan agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!