Resep Udang Balado yang Super Pedas dan Lezat

Udang Balado, Kuliner Khas Sumatera Barat yang Menggoda Selera

Hello Sobat SinarNarasi! Buat kalian yang suka pedas, pasti udang balado merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba. Udang balado merupakan masakan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang super mantap dan lezat. Tak hanya itu, udang balado juga sangat mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional. Yuk, kita simak resep udang balado yang super pedas dan lezat ini.

Pertama, siapkan bahan-bahan utamanya seperti udang segar sebanyak 500 gram, cabe merah sebanyak 15 buah, bawang merah sebanyak 5 butir, bawang putih sebanyak 3 siung, tomat merah sebanyak 2 buah, daun jeruk sebanyak 2 lembar, serai sebanyak 2 batang, air asam jawa sebanyak 2 sendok makan, garam secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Kedua, cuci bersih udang dan tiriskan. Kemudian, haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau ulekan.

Ketiga, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bahan-bahan yang sudah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, masukkan serai dan daun jeruk. Aduk rata hingga bumbu matang.

Keempat, masukkan udang ke dalam wajan. Aduk rata hingga udang berubah warna menjadi merah jambu. Tambahkan air asam jawa dan garam secukupnya. Masak hingga air berkurang dan bumbu meresap ke dalam udang.

Kelima, udang balado siap disajikan. Hidangkan udang balado hangat dengan nasi putih dan sayur lodeh sebagai pelengkapnya. Selamat mencoba!

Tips Membuat Udang Balado yang Lezat

Agar udang balado yang kamu buat semakin lezat, kamu bisa menambahkan bahan-bahan tambahan seperti daun kemangi, irisan bawang merah goreng, dan irisan cabai rawit sebagai toppingnya. Selain itu, jangan lupa untuk memilih udang yang segar agar rasanya semakin enak dan lezat.

Kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan udang balado sesuai selera dengan menambah atau mengurangi jumlah cabe merah yang digunakan. Jangan khawatir, rasanya tetap lezat dan super pedas.

Kesimpulan

Udang balado merupakan salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang super pedas dan lezat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatannya yang mudah, udang balado bisa kamu buat sendiri di rumah. Tambahkan bahan-bahan tambahan seperti daun kemangi dan irisan bawang merah goreng sebagai toppingnya untuk membuat udang balado semakin lezat. Selamat mencoba dan nikmati kelezatannya!