Cabe Ijo: Si Merah Gurih Penggoyang Lidah Sobat SinarNarasi

Cabe Ijo, Sayuran Favorite Orang Indonesia

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas tentang salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia, yaitu cabe ijo. Cabe ijo merupakan cabai hijau yang seringkali digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, cabe ijo juga biasa dijadikan sebagai pelengkap makanan atau diolah menjadi sambal. Rasanya yang gurih dan pedas membuat cabe ijo menjadi salah satu bahan bumbu yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat Sehat dari Cabe Ijo

Tak hanya enak, cabe ijo juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan vitamin C pada cabe ijo sangat tinggi, hingga mencapai 242 mg per 100 gram. Selain itu, cabe ijo juga mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin K, dan kalium. Vitamin A pada cabe ijo sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin B6 pada cabe ijo dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, serta membantu mengatur kadar homocysteine dalam darah. Vitamin K pada cabe ijo bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pembekuan darah. Kalium pada cabe ijo dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Beragam Olahan Cabe Ijo

Cabe ijo dapat diolah menjadi beragam hidangan yang lezat. Misalnya saja sambal hijau, pecel, atau sayur asem. Selain itu, cabe ijo juga dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan, seperti dalam mie ayam atau nasi goreng. Di beberapa daerah, cabe ijo bahkan diolah menjadi minuman segar, seperti jus cabe hijau.

Resep Sambal Hijau

Berikut adalah resep sambal hijau yang dapat Sobat SinarNarasi coba di rumah:Bahan-bahan:- 10 buah cabe ijo, iris halus- 6 buah bawang merah, iris halus- 4 siung bawang putih, iris halus- 1 buah tomat, potong dadu kecil- 1 sdt gula- 1 sdt garam- Air asam jawa secukupnyaCara membuat:1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.2. Masukkan cabe ijo dan tomat, aduk rata.3. Tambahkan gula dan garam, aduk rata.4. Tambahkan air asam jawa secukupnya, aduk rata hingga merata.5. Sambal hijau siap disajikan.

Kesimpulan

Cabe ijo memang sangat populer di Indonesia. Selain enak, cabe ijo juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Cabe ijo dapat diolah menjadi beragam hidangan yang lezat. Salah satu olahan cabe ijo yang paling populer adalah sambal hijau. Nah, bagi Sobat SinarNarasi yang ingin mencoba membuat sambal hijau di rumah, jangan lupa untuk mencoba resep sambal hijau di atas ya. Selamat mencoba!