Cara Membuat Bakpao: Resep Praktis dan Enak

Hello Sobat SinarNarasi, siapa yang tidak suka dengan bakpao? Makanan asal Tiongkok yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan bahan-bahan lezat ini kini menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Namun, bagaimana jika Sobat ingin membuat bakpao sendiri di rumah? Tak perlu khawatir, karena di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat bakpao yang praktis dan enak. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan bakpao, pastikan Sobat sudah menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

1. 500 gram tepung terigu protein tinggi

2. 1 sendok makan ragi instan

3. 200 ml air hangat

4. 2 sendok makan gula pasir

5. 2 sendok makan minyak sayur

6. 1 sendok teh baking powder

7. 1/2 sendok teh garam

Untuk isian bakpao, Sobat bisa menggunakan daging ayam, babi, sayuran, atau bahan-bahan lainnya sesuai selera. Siapkan juga bawang putih, bawang merah, kecap manis, saus tiram, dan bahan-bahan lainnya untuk membuat saus isian yang lezat.

Cara Membuat Adonan Bakpao

Setelah semua bahan telah disiapkan, selanjutnya adalah proses pembuatan adonan bakpao. Berikut langkah-langkahnya:

1. Campurkan ragi instan dengan air hangat, aduk rata dan biarkan selama 5 menit hingga ragi aktif.

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam wadah yang besar. Aduk rata.

3. Tambahkan campuran ragi ke dalam wadah adonan, aduk rata menggunakan tangan atau mixer dengan kecepatan rendah.

4. Tambahkan minyak sayur sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga menjadi adonan yang kenyal dan tidak lengket di tangan.

5. Letakkan adonan dalam wadah yang sudah diolesi minyak, tutup dengan kain bersih, dan biarkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Cara Membuat Isian Bakpao

Setelah adonan telah siap, selanjutnya adalah membuat isian bakpao. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan bahan-bahan isian sesuai selera, misalnya daging ayam atau babi yang sudah dicincang halus, sayuran, atau bahan-bahan lainnya.

2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan bahan isian, kecap manis, saus tiram, dan bahan-bahan lainnya sesuai selera. Aduk rata dan masak hingga bahan isian matang.

3. Dinginkan bahan isian sejenak sebelum digunakan untuk mengisi bakpao.

Cara Mengolah Adonan dan Isian Bakpao

Setelah adonan dan isian telah siap, selanjutnya adalah mengolah keduanya menjadi bakpao. Berikut langkah-langkahnya:

1. Ambil adonan yang sudah mengembang, uleni kembali hingga kempes. Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar.

2. Ambil satu bagian adonan, pipihkan menggunakan telapak tangan hingga berbentuk bulat dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.

3. Letakkan isian di tengah-tengah adonan yang sudah pipih, rapatkan adonan hingga menutupi seluruh isian. Bentuk adonan menjadi bola dan letakkan di atas kertas roti yang sudah diolesi minyak.

4. Ulangi langkah 2-3 hingga seluruh adonan habis.

5. Biarkan bakpao yang sudah dibentuk selama 10-15 menit hingga mengembang kembali.

6. Kukus bakpao selama 15-20 menit hingga matang. Jangan membuka tutup pengukus selama proses pengukusan, agar bakpao tidak bantat.

7. Angkat dan sajikan bakpao yang sudah matang dengan saus isian yang lezat.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat bakpao yang praktis dan enak yang bisa Sobat coba di rumah. Selain lebih sehat, membuat bakpao sendiri juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba!