Cara Membuat Empek Empek yang Lezat dan Menggugah Selera

Hello sobat SinarNarasi, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Palembang yang satu ini, yaitu empek empek. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang dibentuk bulat dengan tekstur kenyal dan memiliki rasa yang gurih khas ikan segar. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat empek empek sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa kamu ikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat empek empek, kamu memerlukan beberapa bahan seperti ikan tenggiri, tepung sagu, bawang putih, garam, dan air. Pastikan bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan berkualitas agar hasilnya nanti juga akan lebih baik.

Langkah pertama: Membuat adonan sagu

Langkah pertama dalam membuat empek empek adalah membuat adonan sagu. Ambil tepung sagu secukupnya dan campurkan dengan air dalam wadah. Aduk rata hingga adonan sagu tercampur sempurna. Kemudian, masukan adonan sagu ke dalam plastik segitiga, lalu semprotkan ke dalam air mendidih. Setelah itu, aduk adonan sagu hingga matang dan angkat. Tiriskan adonan sagu selama beberapa menit hingga airnya habis.

Langkah kedua: Membuat adonan ikan

Setelah adonan sagu siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan ikan. Siapkan ikan tenggiri dan kupas kulitnya. Setelah itu, haluskan ikan menggunakan blender atau food processor. Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan, garam, dan air secukupnya. Aduk rata hingga adonan ikan tercampur sempurna.

Langkah ketiga: Mencetak adonan ikan

Setelah adonan ikan tercampur rata, siapkan adonan sagu yang sudah dimatangkan tadi. Ambil sejumput adonan sagu dan bentuk bulat. Tambahkan adonan ikan ke dalam adonan sagu dan bentuk kembali menjadi bola. Ulangi langkah ini hingga semua adonan ikan dan sagu habis.

Langkah keempat: Merebus empek empek

Setelah adonan empek empek siap, siapkan panci air dan masukan bola-bola adonan empek empek ke dalamnya. Rebus hingga bola-bola adonan empek empek mengapung ke permukaan air. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

Langkah kelima: Menyajikan empek empek

Empek empek dapat disajikan dengan berbagai macam saus seperti kuah cuko, saus sambal, atau saus tomat. Kamu bisa memilih saus sesuai dengan selera kamu. Taburi dengan bawang goreng dan irisan timun agar makanan terlihat lebih menarik dan berwarna-warni.

Kesimpulan

Membuat empek empek memang tidak terlalu sulit, namun memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam proses pembuatannya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba membuat empek empek sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!