Nastar Keju: Camilan Lezat yang Bikin Ketagihan

Hello, Sobat SinarNarasi! Siapa yang tidak suka dengan camilan yang satu ini? Nastar keju merupakan salah satu kue kering yang paling banyak disukai di Indonesia. Rasanya yang manis dan gurih membuat siapa saja ketagihan. Selain itu, bentuknya yang kecil dan mudah dimakan membuat nastar keju menjadi camilan yang sangat praktis. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang nastar keju dan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang camilan yang lezat ini.

Asal Usul Nastar Keju

Nastar keju adalah salah satu jenis nastar yang cukup populer di Indonesia. Nama “nastar” sendiri berasal dari bahasa Belanda, “ananas taart” yang berarti “tart nanas”. Nastar keju sendiri merupakan variasi dari nastar biasa yang menggunakan keju sebagai bahan tambahan. Meski keju bukanlah bahan utama, namun kehadiran keju dalam nastar keju memberikan rasa gurih dan creamy yang berbeda dari nastar biasa.

Sejarah nastar sendiri berasal dari abad ke-17 ketika Belanda masih menguasai Indonesia. Saat itu, nanas merupakan salah satu buah yang cukup populer di Indonesia dan menjadi bahan utama dalam pembuatan tart. Karena tidak mudah mendapatkan nanas segar, maka kue tersebut diadaptasi menjadi nastar dengan menggunakan selai nanas sebagai bahan isinya. Seiring berjalannya waktu, nastar berkembang menjadi aneka macam variasi, salah satunya adalah nastar keju.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Nastar Keju

Untuk membuat nastar keju, kamu membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapat di pasar atau toko bahan kue. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 250 gram mentega
  2. 50 gram keju cheddar parut
  3. 2 kuning telur
  4. 350 gram tepung terigu protein rendah (kunci biru)
  5. 50 gram tepung maizena
  6. 100 gram gula halus
  7. 1/4 sendok teh garam
  8. 1/2 sendok teh vanili bubuk
  9. selai nanas secukupnya

Dari bahan-bahan tersebut, kamu dapat menghasilkan sekitar 50-60 nastar keju. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan oven, loyang kue, dan cetakan nastar.

Cara Membuat Nastar Keju

Nah, setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa mulai membuat nastar keju. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160 derajat Celsius.
  2. Mixer mentega dan keju hingga lembut dan tercampur rata.
  3. Tambahkan kuning telur dan mixer lagi hingga tercampur rata.
  4. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, gula halus, garam, dan vanili bubuk ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah.
  5. Ambil sedikit adonan lalu pipihkan dan beri selai nanas di tengahnya. Bulatkan adonan dan letakkan di atas loyang kue yang sudah diolesi mentega atau menggunakan kertas roti.
  6. Setelah semua adonan selesai dibentuk, panggang di dalam oven selama 20-25 menit atau hingga warnanya kecokelatan.
  7. Setelah matang, keluarkan nastar keju dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Nastar keju siap disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa menjual nastar keju sebagai peluang bisnis menguntungkan.

Variasi Nastar Keju yang Bisa Kamu Coba

Meski nastar keju yang biasa sudah enak, kamu juga bisa mencoba variasi nastar keju yang lain untuk menambah variasi rasa. Beberapa variasi yang bisa kamu coba antara lain:

  1. Nastar keju coklat: Tambahkan coklat bubuk ke dalam adonan nastar untuk memberikan rasa yang lebih rich dan deep. Kamu juga bisa menambahkan choco chips di dalamnya untuk tambahan rasa dan tekstur yang crunchy.
  2. Nastar keju green tea: Tambahkan bubuk teh hijau ke dalam adonan nastar untuk memberikan aroma dan rasa yang khas. Kamu juga bisa menambahkan selai kacang hijau pada tengahnya untuk variasi rasa yang lebih unik.
  3. Nastar keju blueberry: Tambahkan blueberry ke dalam selai nanas untuk memberikan rasa yang lebih segar dan fruity. Kamu juga bisa menambahkan lemon zest untuk tambahan aroma yang lebih segar.

Dengan variasi-variasi tersebut, kamu bisa menikmati nastar keju dengan rasa yang berbeda-beda.

Nastar Keju: Camilan Sehat atau Tidak?

Meski nastar keju tergolong sebagai camilan yang lezat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa camilan ini mengandung bahan-bahan yang tidak sehat. Mentega dan keju, misalnya, mengandung banyak lemak dan kalori yang bisa memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun, ada beberapa cara untuk membuat nastar keju menjadi lebih sehat, seperti mengganti mentega dengan minyak kelapa atau margarin rendah lemak. Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan seperti strawberry atau kiwi pada selai nanas untuk tambahan serat dan vitamin.

Namun, ingatlah bahwa semua makanan, termasuk nastar keju, bisa dikonsumsi dengan seimbang dan porsi yang tepat. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi camilan ini agar tidak berdampak buruk pada kesehatanmu.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan lengkap tentang nastar keju, camilan lezat yang bikin ketagihan. Mulai dari asal usul, bahan-bahan, cara membuat, variasi rasa, hingga apakah nastar keju sehat atau tidak. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu tentang nastar keju dan menjadi referensi untuk mencoba membuatnya di rumah.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang juga suka dengan nastar keju. Terima kasih telah membaca, Sobat SinarNarasi!