resep gulai daun singkong

Resep Gulai Daun Singkong yang Lezat dan Sehat untuk Keluarga

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang resep gulai daun singkong yang lezat dan sehat untuk keluarga. Daun singkong merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari di Indonesia. Selain rasanya yang enak, daun singkong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu cara untuk mengolah daun singkong yang nikmat adalah dengan membuat gulai. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat gulai daun singkong:- 300 gram daun singkong segar, cuci bersih- 400 ml santan kelapa- 1 batang serai, memarkan- 3 lembar daun salam- 3 lembar daun jeruk- 2 cm lengkuas, memarkan- 1 buah tomat, potong kecil-kecil- 4 siung bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- 2 buah cabai merah besar, iris serong- 1 buah cabai hijau besar, iris serong- 1 sdt garam- 1 sdt gula pasir- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Membuat Gulai Daun Singkong

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah cara membuat gulai daun singkong yang lezat dan sehat:1. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang.2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.3. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam wajan. Tumis hingga harum.4. Masukkan tomat dan cabai merah dan hijau ke dalam wajan. Tumis hingga tomat layu.5. Tuang santan kelapa ke dalam wajan. Aduk rata.6. Masukkan daun singkong ke dalam wajan. Aduk rata.7. Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam wajan. Aduk rata.8. Biarkan gulai mendidih dan santan kelapa mengental. Masak selama sekitar 15-20 menit.9. Gulai daun singkong siap disajikan. Sajikan dengan nasi putih hangat.

Tips Membuat Gulai Daun Singkong yang Lezat

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat gulai daun singkong yang lezat:- Gunakan santan kelapa yang segar dan kental agar gulai lebih lezat.- Pilih daun singkong yang segar dan hijau agar gulai lebih enak.- Jangan lupa untuk mencuci bersih daun singkong sebelum digunakan.- Tambahkan potongan daging atau ikan ke dalam gulai untuk variasi rasa.- Jika tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai yang digunakan.

Kesimpulan

Gulai daun singkong merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sangat lezat dan sehat. Selain rasanya yang enak, gulai daun singkong juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan menggunakan resep di atas dan beberapa tips yang sudah dijelaskan, kamu bisa membuat gulai daun singkong yang lezat dan sehat untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba!