Resep Krengsengan Daging yang Menggugah Selera

Mengenal Lebih Dekat Krengsengan Daging

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini saya ingin berbagi resep krengsengan daging yang bisa menggugah selera Anda. Krengsengan daging merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Krengsengan sendiri berasal dari kata “krenjengan” yang artinya meremas-remas atau menggumpalkan bahan yang dimasak. Biasanya, krengsengan disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.Untuk membuat krengsengan daging, Anda bisa menggunakan daging sapi, kambing, atau ayam. Namun, kali ini saya akan berbagi resep krengsengan daging sapi yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat krengsengan daging sapi, berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:- 500 gram daging sapi, potong dadu- 2 buah tomat, potong-potong- 3 buah cabai merah, iris tipis- 3 buah cabai hijau, iris tipis- 3 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 3 siung bawang putih, iris tipis- 5 siung bawang merah, iris tipis- 1 sdt gula merah, serut halus- 1 sdt garam- 1 sdt merica bubuk- 1 sdm minyak goreng- 500 ml air

Cara Membuat Krengsengan Daging

Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat krengsengan daging sapi:1. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, dan lengkuas hingga harum.

2. Masukkan potongan daging sapi. Aduk hingga daging tercampur dengan bumbu. Masak hingga daging berubah warna.

3. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, dan tomat. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur rata.

4. Tuangkan air ke dalam wajan. Masukkan gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

5. Masak krengsengan daging sapi dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap. Jika air sudah menyusut dan krengsengan sudah matang, angkat dari wajan.

Tips Memasak Krengsengan yang Lezat

Untuk membuat krengsengan daging yang lezat dan menggugah selera, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:1. Pilih daging sapi yang berkualitas dan empuk. 2. Potong daging dengan ukuran yang sama agar matangnya merata.3. Gunakan bumbu yang segar untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.4. Jangan terlalu banyak menggunakan air agar krengsengan tidak terlalu kental.5. Masak krengsengan dengan api kecil agar daging empuk dan bumbu meresap.

Kesimpulan

Dari resep dan tips di atas, krengsengan daging sapi bisa Anda buat dengan mudah dan praktis di rumah. Krengsengan daging sapi ini bisa disajikan sebagai hidangan utama di acara keluarga atau saat berkumpul dengan teman-teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!