Resep Kue Lumpur Kentang yang Enak dan Sederhana

Hello, Sobat SInarNarasi! Siapa yang tak suka kue lumpur kentang? Kue yang satu ini sangat spesial dan disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan lembut. Apalagi jika kue lumpur kentang tersebut dibuat sendiri di rumah dengan resep yang sederhana. Yuk, mari kita simak resep kue lumpur kentang yang enak dan sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue lumpur kentang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  1. 250 gram tepung ketan
  2. 50 gram tepung terigu
  3. 300 gram kentang kukus dan haluskan
  4. 200 gram gula pasir
  5. 50 gram margarin, lelehkan
  6. 500 ml air putih
  7. 2 lembar daun pandan, simpulkan
  8. Garam secukupnya
  9. Keju parut secukupnya (opsional)

Jangan khawatir dengan bahan-bahan yang harus kamu siapkan, semua bahan tersebut mudah didapatkan di warung atau supermarket terdekat.

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang

Setelah semua bahan terkumpul, kamu sudah bisa memulai proses pembuatan kue lumpur kentang. Berikut adalah cara membuatnya:

  1. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, dan kentang yang sudah dihaluskan dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan gula pasir, margarin yang sudah dilelehkan, dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Panaskan air dalam panci, kemudian masukkan daun pandan yang sudah disimpulkan. Setelah itu, masukkan campuran adonan tepung ketan, tepung terigu, dan kentang ke dalam panci. Aduk terus hingga adonan mengental.
  4. Jika adonan sudah cukup kental, matikan api dan biarkan adonan dingin terlebih dahulu.
  5. Setelah adonan dingin, ambil sedikit adonan menggunakan sendok dan bentuk bulat-bulat.
  6. Setelah semua adonan dibentuk, goreng kue lumpur kentang di dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan kue lumpur kentang di atas piring saji dan taburi keju parut secukupnya (jika diinginkan).

Nah, itulah cara membuat kue lumpur kentang yang enak dan sederhana. Kamu bisa membuat kue ini untuk dimakan di pagi hari atau sore hari ketika sedang santai bersama keluarga atau teman.

Keuntungan Membuat Kue Lumpur Kentang Sendiri di Rumah

Selain rasanya yang enak dan lezat, membuat kue lumpur kentang sendiri di rumah juga memiliki beberapa keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut:

  • Kamu bisa mengontrol kualitas bahan dan jumlah gula yang digunakan. Sehingga kamu bisa mengatur kadar manis kue tersebut sesuai dengan selera.
  • Membuat kue lumpur kentang sendiri di rumah lebih hemat biaya dibandingkan dengan membeli di toko kue atau bakery.
  • Bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk dihabiskan bersama keluarga atau teman-teman.

Dengan beberapa keuntungan tersebut, tidak ada alasan untuk tidak mencoba membuat kue lumpur kentang sendiri di rumah, bukan?

Kesimpulan

Itulah resep kue lumpur kentang yang enak dan sederhana. Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman. Selain rasanya yang lezat, kamu juga bisa mengontrol kualitas bahan dan jumlah gula yang digunakan. Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-temanmu ya!