tepung pisang goreng

Tepung Pisang Goreng, Si Enak dan Gampang Bikin!

Kenapa Tepung Pisang Goreng Selalu Menjadi Favorit?

Hello Sobat SInarNarasi, ketika kita membicarakan masakan gorengan, tentunya akan terbesit nama tepung pisang goreng. Ya, makanan khas Indonesia yang satu ini memang selalu jadi pilihan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih dan manis, serta teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalamnya menjadi daya tarik utama. Tidak heran jika di berbagai daerah di Indonesia, tepung pisang goreng menjadi salah satu jajanan kaki lima yang sering dijumpai.

Cara Membuat Tepung Pisang Goreng yang Enak dan Gampang

Namun, tahukah Sobat SInarNarasi, bahwa membuat tepung pisang goreng itu sebenarnya tidak sulit? Kita hanya perlu beberapa bahan yang mudah didapat di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah beberapa bahan dan cara membuat tepung pisang goreng yang enak dan gampang:

1. Siapkan pisang yang sudah matang dan tidak terlalu lunak. Pisang yang cocok untuk dijadikan pisang goreng adalah pisang kepok atau pisang tanduk yang warnanya sudah mulai kekuningan.

2. Kupas pisang dan potong-potong sesuai selera. Ada yang suka potongan pisang yang tipis, ada juga yang suka yang tebal.

3. Untuk membuat adonan, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, dan air secukupnya hingga adonan cukup kental. Takaran tepung terigu dan tepung beras bisa disesuaikan sesuai selera.

4. Masukkan potongan pisang ke dalam adonan dan aduk rata.

5. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Goreng pisang hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan.

6. Tepung pisang goreng siap disajikan. Bisa disantap langsung atau disajikan dengan taburan gula bubuk atau keju parut di atasnya.

Variasi Tepung Pisang Goreng yang Bisa Dicoba

Selain cara membuat yang sederhana, tepung pisang goreng juga bisa dicoba dengan variasi rasa yang beragam. Ada yang mengganti tepung terigu dengan tepung ketan atau tepung beras ketan, sehingga teksturnya lebih kenyal dan lembut. Ada juga yang menambahkan parutan kelapa atau wijen ke dalam adonan, sehingga rasanya semakin gurih.

Selain itu, ada juga yang membuat tepung pisang goreng dengan isian coklat atau keju, yang membuat rasanya semakin lezat. Atau bisa juga dicoba dengan isian pisang kepok yang sudah dihaluskan dan diberi tambahan gula merah atau gula pasir. Tepung pisang goreng isi pisang ini juga bisa dihidangkan dengan saus coklat atau saus karamel.

Tepung Pisang Goreng, Lezat tapi Tetap Sehat

Meskipun tepung pisang goreng terkenal dengan rasa yang lezat, terkadang kita khawatir dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Namun, jangan khawatir Sobat SInarNarasi, kita masih bisa menikmati tepung pisang goreng dengan cara yang lebih sehat.

Pertama-tama, gunakan minyak goreng yang lebih sehat seperti minyak kelapa atau minyak jagung. Kedua, hindari penggunaan gula pasir yang terlalu banyak. Gunakan gula kelapa atau madu sebagai pengganti gula pasir. Ketiga, pilihlah pisang yang masih segar dan matang, sehingga kandungan gulanya lebih tinggi dan kita tidak perlu menambahkan gula lagi.

Kesimpulan

Tepung pisang goreng memang selalu jadi favorit banyak orang karena rasanya yang gurih, manis, dan renyah. Namun, membuat tepung pisang goreng itu sebenarnya tidak sulit. Kita hanya perlu beberapa bahan dan cara yang sederhana. Selain itu, kita juga bisa mencoba variasi rasa dan isian yang beragam. Meskipun terkenal dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi, kita masih bisa menikmati tepung pisang goreng dengan cara yang lebih sehat. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati bersama keluarga atau teman-teman!