Cara Bikin Donat yang Gampang

Memulai dari Bahan-Bahan

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini, kita akan membahas cara bikin donat yang gampang. Untuk membuat donat yang enak dan lezat, kamu harus menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah tepung terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk, telur, mentega, dan air hangat.

Persiapan Alat dan Bahan

Setelah kamu menyiapkan semua bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat yang akan digunakan. Alat yang perlu disiapkan adalah mangkuk besar, sendok, garpu, oven, dan loyang. Pastikan semua alat yang akan digunakan sudah bersih dan kering.

Membuat Adonan Donat

Sekarang, saatnya kita membuat adonan donat. Pertama-tama, masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk ke dalam mangkuk besar. Aduk rata menggunakan sendok atau garpu. Kemudian, tambahkan telur dan mentega yang sudah dicairkan ke dalam mangkuk. Aduk kembali menggunakan sendok atau garpu hingga tercampur rata.Setelah itu, tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam mangkuk sambil diuleni hingga adonan donat menjadi lembut dan bisa dipulung. Pastikan adonan tidak terlalu keras atau terlalu lembek.

Mengistirahatkan Adonan Donat

Setelah adonan donat tercampur rata, tutup mangkuk dengan kain bersih dan biarkan selama 30-45 menit hingga adonan mengembang dan melipat dua kali ukuran semula.

Membentuk Donat

Setelah adonan donat mengembang, kempiskan adonan dengan cara dipukul-pukul dan dibentuk sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan cetakan donat atau membentuk donat secara manual dengan tangan.

Menggoreng Donat

Setelah donat dibentuk, panaskan minyak goreng dalam wajan atau panci. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan donat ke dalamnya. Goreng donat hingga kecokelatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

Menambahkan Topping Donat

Setelah donat dingin, kamu bisa menambahkan topping sesuai dengan selera. Beberapa topping yang bisa digunakan antara lain gula halus, selai, cokelat leleh, atau meses. Taburkan topping di atas donat dan sajikan.

Penyajian Donat

Donat yang sudah matang dan ditambahkan topping bisa langsung disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan secangkir kopi atau teh hangat. Nikmati donat yang lezat dan empuk dengan orang terdekatmu.

Tips dan Trik Membuat Donat yang Lezat

– Pastikan semua bahan dan alat sudah disiapkan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan donat.- Jangan terlalu sering menguleni adonan karena bisa membuat donat menjadi keras.- Jangan terlalu banyak menambahkan air saat menguleni adonan untuk menghindari adonan yang terlalu lembek.- Pastikan minyak dalam wajan atau panci sudah benar-benar panas sebelum menggoreng donat.- Tambahkan topping di atas donat saat donat masih dalam keadaan hangat agar lebih melekat.

Kesimpulan

Itulah cara bikin donat yang gampang dan mudah diikuti. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat donat yang enak dan lezat di rumah. Jangan lupa untuk mencoba dan mempraktekkan sendiri di rumah ya Sobat SinarNarasi. Selamat mencoba!