Resep Ayam Taliwang

Asal Usul Ayam Taliwang

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas tentang resep ayam taliwang. Ayam taliwang adalah masakan khas Nusa Tenggara Barat, tepatnya di daerah Lombok. Masakan ini terkenal dengan bumbu pedas yang khas dan rasa yang lezat. Ayam taliwang merupakan salah satu kuliner yang wajib dicicipi jika berkunjung ke daerah Lombok.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat ayam taliwang, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan tersebut antara lain:- 1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian- 1 buah jeruk nipis- 2 batang serai, memarkan- 4 lembar daun jeruk- 5 lembar daun salam- 2 cm lengkuas, memarkan- 1 liter air kelapa- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnyaUntuk bumbu halus, siapkan:- 8 butir bawang merah- 5 siung bawang putih- 10 buah cabe merah keriting- 4 buah cabe rawit merah- 1 sdt terasi bakar- 2 sdt ketumbar- 1 sdt merica- Garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Taliwang

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat ayam taliwang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 30 menit.2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.3. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas. Aduk rata.4. Tambahkan air kelapa dan garam secukupnya, aduk rata.5. Masukkan ayam yang telah dilumuri air jeruk nipis, aduk rata. Masak hingga ayam setengah matang dan kuah menyusut.6. Angkat ayam dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.7. Sajikan ayam taliwang dengan kuah dan sambal terasi.

Tips dan Trik

Untuk mendapatkan rasa ayam taliwang yang lebih enak, ada beberapa tips dan trik yang bisa Sobat SinarNarasi coba:- Gunakan ayam kampung untuk hasil yang lebih lezat.- Jangan terlalu lama memasak ayam di dalam kuah agar daging ayam tidak menjadi keras.- Sajikan ayam taliwang dengan nasi putih dan lalapan segar.

Kesimpulan

Itulah resep ayam taliwang yang bisa Sobat SinarNarasi coba di rumah. Masakan khas Lombok ini memang memiliki rasa yang khas dan pedas yang menggugah selera. Jangan lupa untuk memilih bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!