resep pisang ijo

Hello Sobat SinarNarasi! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini saya ingin berbagi sebuah resep yang pastinya akan membuat lidah kalian bergoyang. Resep yang akan saya bahas kali ini adalah tentang salah satu jajanan favorit dari daerah Sulawesi Selatan, yaitu Pisang Ijo. Pisang Ijo adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung ketan dan diberi pewarna hijau dari daun pandan. Selain itu, Pisang Ijo juga dihidangkan dengan sirup santan dan gula merah yang kental. Penasaran dengan resepnya? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat Pisang Ijo, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat Pisang Ijo, kalian membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. 2 buah pisang raja yang sudah matang
  2. 200 gram tepung ketan
  3. 100 ml air pandan
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. 1/2 sendok teh vanili bubuk
  6. 100 gram gula pasir
  7. 150 ml santan kental
  8. 2 lembar daun pandan, simpulkan
  9. 1/2 sendok teh garam

Cara membuat Pisang Ijo

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, kalian bisa langsung memulai proses pembuatan Pisang Ijo. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, siapkan pisang raja yang sudah matang dan kupas kulitnya. Kemudian, belah pisang raja menjadi dua bagian dengan ukuran yang sesuai dengan selera kalian.
  2. Setelah itu, campurkan tepung ketan, air pandan, garam, dan vanili bubuk ke dalam mangkuk dan aduk rata. Pastikan adonan tepung ketan yang kalian buat tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
  3. Selanjutnya, balut pisang raja dengan adonan tepung ketan hingga merata. Pastikan setiap bagian pisang raja terbalut dengan adonan tepung ketan.
  4. Setelah itu, kukus pisang yang sudah dibalut dengan adonan tepung ketan selama sekitar 20 menit hingga matang.
  5. Sambil menunggu pisang matang, kalian bisa mempersiapkan sirup santan dan gula merah. Caranya cukup mudah. Campurkan santan dan garam ke dalam panci, kemudian masukkan daun pandan dan gula merah. Masak santan dan gula merah hingga meleleh dan berbentuk sirup yang kental.
  6. Terakhir, sajikan Pisang Ijo dengan sirup santan dan gula merah yang sudah kalian buat. Pisang Ijo yang lezat siap disantap.

Tips membuat Pisang Ijo yang sempurna

Untuk membuat Pisang Ijo yang sempurna, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti. Berikut tips-tipsnya:

  • Pilih pisang yang sudah matang agar hasilnya lebih enak dan lezat.
  • Perhatikan konsistensi adonan tepung ketan agar hasilnya tidak terlalu kental atau encer.
  • Gunakan daun pandan yang segar agar memberikan aroma yang lebih menyengat.
  • Jangan terlalu lama memasak Pisang Ijo agar tidak terlalu lembek.

Kesimpulan

Nah, Sobat SinarNarasi, itulah resep Pisang Ijo yang bisa kalian coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas, kalian sudah bisa membuat Pisang Ijo yang lezat dan enak. Selain rasanya yang enak, Pisang Ijo juga memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk mencoba membuat Pisang Ijo sendiri di rumah. Selamat mencoba!